ad

ad

Sabtu, 24 Januari 2015

Kegunaan Notepad++ untuk berbagai bahasa pemrograman

Notepad++ adalah program aplikasi pemrograman yang berguna untuk mengedit teks dan skrip kode-kode pemrograman. Software Notepad++ ini dibuat dan dikembangkan oleh Tim Notepad++.
 
 
 
         Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber dari berbagai bahasa pemrograman. Notepad++ ini, dapat digunakan sebagai perangkat lunak bebas atau Open Source. Proyek ini dilayani oleh Sourceforge.net dengan pengunduhan lebih dari 27 juta kali dan dua kali memenangkan penghargaan SourceForgeCommunityChoice Award for Best Developer Tool.
 
Anda bisa langsung mendownloadnya dibawah...
 
 
        Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan yang komplek pada peningkatan kemampuan sebuah program skrip bahasa, lebih dari sekedar aplikasi Notepad bawaan Windows. Notepad++ bisa mengenal tag dan kode dalam berbagai bahasa pemrograman. Fitur pencarian tingkat lanjut dan pengeditan teks yang tersedia juga cukup ampuh, dan sangat membantu tugas seorang programmer atau developer dalam menyelesaikan sebuah skrip kode dalam programnya. Program Notepad++ banyak  digunakan oleh kalangan pengguna komputer di bidang bahasa pemrograman aplikasi desktop dan web. Notepad++ merupakan software gratis atau (opensource). Notepad++ dapat dijalankan di dakam sistem operasi Win2K, Windows XP, Vista, Windows 7,dan Windows 8. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda hanya cukup memiliki kapasitas kosong harddisk minimal 12 MB.

 
 
Dalam proses ini, kode Pengetikan akan dimengerti dan diterjemahkan menjadi teks pemrograman oleh Notepad++. Misalnya pada projek Php fungsi-fungsinya akan di masukan kedalam daftar fungsi dan kata-katanya akan berubah warna sesuai dengan makna kata tersebut di bahasa PHP.
 

Kegunaan Notepad++ ini banyak, yaitu untuk berbagai bahasa pemrogaman yaitu ActionScript, Ada, ASP, Assembler, autoIt,Batch,C, C++, C#, Caml, Cmake, COBOL, CSS,D, Diff,Flash ActionScript, Fortran,Gui4CLI,Haskell, HTML,Berkas INI, InnoSetup,Java, Javascript, JSP,KiXtart,LISP, Lua,Makefile, Matlab, MS-DOS,NSIS,Objective-C,Pascal, Perl, PHP, Postscript, PowerShell, Properties file, Python,R, Resource file, Ruby,Shell, Scheme, Smalltalk, SQL,TCL, TeX,Pascal, Perl, PHP, Postscript, PowerShell, Properties file, Python,XML,YAML.